Cara menambahkan material pada sebuah benda di Autocad 2007

Posted: Mei 27, 2011 in Desain bangunan (architechture)
Tag:, , , , , , , , ,

Ini langkah-langkahnya gan :

1. buka autocad agan, trus cari icon material pada render menu. Trus klik icon ter sebut.

2. Maka akan muncul box AVAIBLE MATERIALS IN DRAWING, setelah itu agan klik icon create new material lalu akan muncul box create new material. beri nama

material tersebut dan klik ok.

3. Maka akan muncul sebuah bola, setelah itu agan pilih aja langsung material-material yang ada pada template. Kalo agan mau mengambil material dari komputer agan

langsung aja ke langkah 4.

4. Kalo agan kepengen mengambil materialnya dari pc agan, sama seperti langkah 3 namun setelah itu agan cari tulisan texture map lalu klik tombol select, maka akan

muncul box select image file. Pilih aja texture atau gambar yang agan inginkan dari komputer agan setelah itu klik open.

5. Setelah agan pilih texture yang agan inginkan maka bola tadi akan berubah tampilannya sesuai dengan texture yang agan pilih, setelah itu klik icon apply material to

object, lalu pilih lah object yang mau agan beri material, lihatlah hasilnya dan seperti pada gambar. catatan : apabila gambar yang agan pilih skalanya kekecilan dan

      gambarnya tidak kelihatan ATURLAH SKALA dengan cara mengklik pada icon di samping tombol exeedd…(contoh pada gambar).

6. Setelah itu baru kita render (caranya liat aja pada gambar)

7. Ini hasil render material tadi gan.

(tips : bila ingin melihat tulisan pada gambar dengan jelas klik kanan pada gambar lalu klik view image)

Kalo ada salah dalam penulisan mohon maaf gan, kalo ada yang kurang mohon di tambahkan

thanks…..

Komentar
  1. ucup mengatakan:

    tks,,, gan panduannya sangat membantu

  2. ade mengatakan:

    Trim’s gan, mo tanya klo untuk memasukkan gambar pohon dan orang caranya bgmna?

    • ryziearch mengatakan:

      wah,, kalo itu enaknya di 3ds max… ato kaya gini aja gan… abis agan render.. naah hasil renderan autocad itu kan jadi file jpeg tuh.. naah agan edit aja pake photoshop… biasanya sih gitu gan,, pohon sama manusianya banyak di sediain dengan format. png,jpeg, ato psd gan…. coba googling aja gan…

      thanks gan

  3. Bejho Thok mengatakan:

    thx gan artikel nya sngt membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s